4 Alasan Anda Lebih Baik Beli Laptop Daripada Komputer Desktop

  • Whatsapp
4-Alasan-Anda-Lebih-Baik-Beli-Laptop-Daripada-Komputer-Desktop
Foto dari Canva.com Photos Unlimited

Komputer desktop mengalami penurunan penjualan setiap tahun karena banyak orang lebih memilih laptop yang modern. Meskipun harga yang dibandrol desktop lebih murah dibandingkan dengan laptop, namun fleksibilitas menjadi alasan utama. Untuk Anda yang ingin membeli perangkat komputer, bisa memilih laptop HP 3 jutaan untuk mendukung aktivitas kantor atau mengerjakan tugas kuliah.

Pilih laptop atau komputer desktop?

Kalau Anda masih ragu antara beli laptop baru atau komputer desktop, simak rangkuman mengenai keuntungan memilih laptop berikut!

1. Lebih ringan dan fleksibel

Alasan utama kenapa seseorang memilih untuk beli laptop karena bisa dibawa ke mana-mana. Berat laptop sangat ringan dibandingkan dengan set komputer yang ada di rumah. Buat Anda yang mobile pergi ke kantor, kampus atau traveling, bisa memilih ukuran laptop yang lebih kecil.

Ada pula jenis laptop yang memiliki bobot lebih berat hingga 5 kilogram. Namun, fungsi yang diberikan juga lebih beragam seperti laptop gaming dan editing. Coba saja Anda membayangkan harus membawa desktop ke mana-mana! Sangat tidak efisien, bukan?

2. Bisa menghemat energi lebih banyak

Memang harga laptop bisa lebih mahal dibandingkan dengan desktop, tetapi Anda bisa menghemat pengeluaran tiap bulan. Ya, konsumsi energi desktop jauh lebih besar sedangkan laptop hanya perlu energi sebesar 50 sampai 80 persen dari desktop. Konsumsi laptop hanya sekitar 50 kWh sedangkan desktop perlu konsumsi listrik hingga 250 kWh. Desktop juga selalu membutuhkan aliran listrik di rumah untuk menyalakan dan menggunakan seharian.

Kalau Anda berada di daerah yang sering alami pemadaman listrik, membeli desktop jelas sangat merugikan, bukan? Anda bisa memilih laptop HP 3 jutaan yang murah dengan daya baterai yang cukup lama. Setidaknya Anda tetap bisa mengerjakan tugas meskipun terjadi pemadaman listrik setempat. Anda juga tidak perlu membayar biaya listrik bulanan yang mahal sebab daya konsumsi laptop cukup rendah.

3. Desain yang lebih beragam

Laptop memiliki keunggulan dibandingkan desktop karena desain yang lebih menawan. Anda mau membeli laptop lebih kecil dan mudah dibawa ke mana saja, sah-sah saja. Anda juga bisa membeli model laptop 2 in 1 yang bisa dijadikan tablet atau PC biasa. Selain itu, ada pula laptop yang menawarkan kemudahan layar sentuh dengan teknologi fingerprint. Sangat menarik, ya?

4. Memiliki spesifikasi tak kalah berkualitas

Fungsi PC memang sangat beragam seperti pengolah kata, program pengeditan foto dan video, gaming, serta aktivitas berat lain. Laptop yang memiliki harga murah mungkin hanya cocok untuk aktivitas kantor yang standar saja. Namun, laptop yang lebih mahal memiliki processor tercanggih, kartu grafis paling jernih dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar.

Membandingkan kelebihan laptop dan desktop sebenarnya harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri. Kenyamanan fisik dan visual harus diperhatikan agar Anda tidak menyesal kemudian hari. Kalau Anda ingin hemat tempat di rumah, sebaiknya memang beli laptop saja. Pasalnya, komputer desktop tradisional membutuhkan perangkat peripheral atau bisa memilih desktop all in one yang lebih modern.

Prosesor mana yang Anda butuhkan, spesifikasi apa saja yang Anda inginkan serta berapa anggaran yang Anda miliki untuk membeli sebuah laptop? Dengan memperhatikan beberapa detail di atas, Anda bisa memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan. Laptop HP 3 jutaan bisa menjadi pilihan untuk Anda yang butuh perangkat standar untuk akses internet atau mengerjakan tugas kantor yang sederhana. Mau bermain game kelas berat, Anda bisa memilih laptop gaming yang lebih mahal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *