5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mental Selama Karantina Pandemi Covid-19 dari SehatQ.com

by lydia pradita
5-Cara-Mudah-Menjaga-Kesehatan-Mental-Selama-Karantina-Pandemi-Covid-19-dari-SehatQ.com

Pandemi Covid-19 tidak hanya berakibat buruk bagi kesehatan fisik, namun juga psikis atau mental. Bagi orang yang sehat dan hanya menjalani keseharian di rumah saja, mereka juga rawan terkena gangguan kesehatan mental, mulai dari rasa khawatir yang berlebihan hingga depresi. Menurut laman SehatQ.com, kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Untuk itu, Anda perlu menjaganya.

Menjaga Kesehatan Mental Selama Karantina Pandemi Covid-19

Jadi, bagaimana menjaga kesehatan mental di masa karantina seperti sekarang ini? Berikut ulasannya.

1. Pilih makanan bergizi untuk dikonsumsi

Menjaga kesehatan mental bisa dimulai dari memilih makanan yang dikonsumsi. Tahukah Anda, makanan yang bergizi tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh namun juga untuk kesehatan mental. Untuk itu, perbanyaklah mengkonsumsi makanan bergizi tinggi agar Anda tetap sehat, baik jiwa maupun raga.

2. Lakukan olahraga secara teratur

Beraktivitas fisik atau olahraga terbukti mampu meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh. Hormon ini mampu meredakan stres dan khawatir serta juga mampu memperbaiki mood Anda yang memburuk.

Anda tidak perlu melakukan olahraga berat yang berisiko membuat tubuh cidera. Olahraga ringan, seperti lari kecil dan lompat tali, itu sudah cukup. Jika tertarik, Anda bisa melakukan olahraga yoga di rumah. Olahraga ini tidak hanya melatih kelenturan tubuh, namun juga mengatur pernapasan.

3. Memiliki hewan peliharaan

Apakah Anda suka melihat tingkah laku hewan? Jika iya, Anda bisa mulai memikirkan untuk memiliki hewan peliharaan sebagai teman di masa karantina ini. Tahukah Anda, merawat hewan peliharaan ternyata mampu menurunkan risiko depresi. Dengan melihat kelakuan dan tingkah laku hewan peliharaan, Anda tidak lagi merasa kesepian dan juga bagus untuk kesehatan mental Anda.

4. Tetap menjalin komunikasi dengan orang lain

Bukan tanpa alasan frasa social distancing diganti menjadi physical distancing. Karena sebenarnya yang harus diberi jarak adalah jarak fisik antara satu orang dengan orang lainnya, bukan jarak sosial. Menjalin komunikasi atau ngobrol dengan orang lain tidak menyebabkan Anda terinfeksi virus corona selama Anda menjaga jarak aman.

Untuk itu, tetaplah menjalin komunikasi dengan teman-teman Anda. Tanyakan kabar mereka. Anda juga bisa saling berbagi cerita di tengah masa karantina ini. Dengan cara simpel ini, Anda sudah menjaga kesehatan mental Anda sendiri.

5. Cari informasi terbaru seperlunya

Ada begitu banyak informasi yang beredar saat ini terkait Covid-19. Meskipun informasi merupakan salah satu kebutuhan manusia, namun terpapar terlalu banyak informasi sangatlah tidak baik untuk kesehatan itu. Untuk itu, batasi informasi yang Anda terima. Secukupnya saja, jangan terlalu berlebihan.

Demikian 5 cara untuk tetap menjaga kesehatan mental di masa karantina akibat Covid-19. Menjaga kesehatan mental di tengah pandemi sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh. Lagipula, cara menjaga kesehatan mental tidak sesulit yang dibayangkan. Sebagian cara menjaga kesehatan tubuh ternyata juga berdampak baik bagi kesehatan mental.

Terkadang, menjaga kesehatan tubuh dan mental secara mandiri saja belum cukup. Anda butuh bantuan dan konsultasi dari para ahlinya. Namun di tengah himbauan untuk di rumah saja, tentu tidak memungkinkan bagi Anda untuk pergi ke rumah sakit dan melakukan konsultasi.

Sebagai gantinya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi SehatQ.com, yaitu aplikasi layanan kesehatan secara online. Melalui aplikasi ini, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter melalui fitur Chat Dokter atau bisa juga menggunakan fitur Forum.

Jika Anda memiliki suatu penyakit yang mengharuskan Anda mengkonsumsi obat, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk membeli obat melalui Toko SehatQ. Jadi, Anda tidak perlu lagi keluar rumah. Cukup lakukan pemesanan dan obat Anda akan sampai di rumah Anda dengan selamat.

Dengan segala manfaat yang ditawarkan aplikasi kesehatan ini, tidak ada lagi alasan untuk tidak mengunduh dan memasang aplikasi ini di smartphone Anda.

Related Posts

Leave a Comment