5 Langkah Mencegah Penyakit Diabetes Secara Mandiri

by lydia pradita
5-Langkah-Mencegah-Penyakit-Diabetes-Secara-Mandiri

Penyakit diabetes atau dikenal dengan kencing manis adalah penyakit yang diindikasikan dengan tingginya kadar gula dalam darah. Jika dibiarkan kandungan gula dalam darah yang menumpuk karena tidak dapat diserap sel tubuh dengan baik ini akan menyebabkan munculnya berbagai gangguan dalam organ tubuh. Diabetes yang cukup parah dapat mengakibatkan penyakit jantung, gagal ginjal, bahkan kebutaan. Diabetes bukan hanya penyakit turunan. Hampir semua orang beresiko terkena diabetes terutama karena gaya hidup yang kurang baik. Namun, Anda dapat mencegah timbulnya penyakit ini dalam tubuh Anda dengan melakukan beberapa hal berikut.

Pencegahan Penyakit Diabetes yang Dapat Anda Lakukan Sendiri

1. Kurangi gula

 

Foto dari Canva Photos Unlimited

Karena penyebab utama penyakit diabetes adalah kadar gula dalam darah, maka yang pertama harus Anda lakukan adalah dengan mengurangi konsumsi gula harian. Alih-alih minum kopi atau gula, Anda dapat menggantinya dengan sering-sering minum air putih. Mengkonsumsi minuman kemasan seperti soda atau minuman berperasa juga meningkatkan resiko terkena kencing manis. Dengan mengkonsumsi banyak air putih tiap hari, kenaikan kadar gula dalam darah dapat dicegah, tubuh Anda memiliki cukup cairan, dan tidak dehidrasi.

Selain itu, cemilan semacam keripik kentang dan aneka snack merupakan sumber gula tersembunyi sehingga amat disarankan untuk menguranginya. Anda dapat memilih buah-buahan segar sebagai alternatif saat merasa lapar pada waktu-waktu di antara makan utama.

2. Makan makanan bergizi

 

Foto dari Canva Photos Unlimited

Mengatur pola makan sangat penting dalam pencegahan penyakit diabetes. Sebaiknya Anda tidak melewatkan sarapan, karena pada pagi hari metabolisme tubuh sangat baik dalam menyerap nutrisi yang dibutuhkan. Sarapan juga membantu tubuh Anda dalam mengatur kalori dan menekan nafsu makan.

Perbanyak makan sayur yang beragam setiap hari dan kurangi nasi. Anda dapat memvariasikan sumber karbohidrat dengan yang lebih menyehatkan seperti jagung, umbi-umbian, atau nasi merah. Selain itu, Anda perlu juga mengurangi makanan berlemak. Pilihlah sumber makanan yang kaya protein namun rendah lemak, contohnya tempe, tahu, telur, dan ikan. Tidak ada salahnya mengkonsumsi daging, namun makanlah daging yang tidak berlemak.

Hal penting lainnya dalam pola makan adalah mengatur porsi makan. Cukup penting untuk menghitung porsi makan Anda sesuai dengan makanan sajiannya. Lebih baik jika Anda makan dengan porsi yang lebih sedikit namun sering, ketimbang makan sekaligus banyak walaupun hanya satu kali. Selain membuat perut begah, makan dengan porsi besar dapat meningkatkan berat badan, menimbun lemak perut dan menaikkan kadar gula sehingga memicu diabetes.

3. Tidur cukup

 

Foto dari Canva Photos Unlimited

Mulai saat ini cobalah mengatur jadwal tidur sehingga Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup. Waktu tidur ideal adalah kurang lebih delapan jam setiap hari. Jika kurang dari itu, hormon kortisol dapat meningkat yang diikuti dengan meningkatnya insulin sehingga kadar gula dalam darah menjadi tidak seimbang. Akibatnya, resiko terkena penyakit diabetes semakin tinggi.

Dengan cukup tidur, tingkat stres juga semakin rendah. Stres menjadi salah satu pemicu lain meningkatnya kadar gula dalam darah. Hal inilah yang perlu diminimalisir agar kondisi tubuh Anda tetap fit dan bugar.

4. Miliki berat badan ideal

 

Foto dari Canva Photos Unlimited

Pada banyak penelitian, obesitas merupakan penyebab utama diabetes, karena kelebihan berat badan dapat mengganggu kinerja organ-organ dalam tubuh sehingga metabolisme tidak lancar. Akibatnya, insulin tidak dapat bekerja dengan baik dan gula dalam darah tidak terkontrol.

Jika Anda terindikasi memiliki kelebihan berat badan, mulailah untuk menurunkannya hingga mencapai berat badan ideal untuk tubuh Anda. Dengan demikian Anda dapat terhindar dari penyakit diabetes atau penyakit lain yang ditimbulkan akibat kelebihan lemak dan berat badan.

5. Gaya hidup sehat

Foto dari Canva Photos Unlimited

Orang yang memiliki gaya hidup sehat memiliki resiko lebih kecil untuk terkena diabetes atau penyakit lain. Anda dapat menghindari untuk mengkonsumsi alkohol, makanan cepat saji, dan berhenti merokok sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Pasalnya hal-hal tersebut dapat membuat lemak perut semakin tebal sehingga nutrisi-nutrisi baik sulit diserap tubuh.

Selain itu, kurangi aktivitas seperti menonton tivi dan bermain gawai, karena tubuh kurang bergerak sehingga memicu obesitas. Perbanyak aktivitas fisik terutama olahraga minimal 30 menit setiap hari, dan lakukan secara teratur. Di samping dapat membakar lemak, olahraga juga membantu tubuh dalam menyerap nutrisi dengan baik serta membuat sel tubuh menjadi lebih peka terhadap hormon insulin. Tidak perlu melakukan olahraga rumit, Anda dapat melakukan olahraga yang sederhana seperti jogging, bersepeda, berenang atau senam irama. Yang terpenting adalah tubuh dapat bergerak secara rutin setiap harinya.

Sebaiknya menghindari penyakit, ketimbang harus mengobatinya saat terlambat. Dengan melakukan beberapa langkah di atas, resiko terkena penyakit diabetes dapat diperkecil, karena jika tidak terkontrol, diabetes dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi dalam tubuh dan dapat mengancam nyawa.

Related Posts

Leave a Comment