Apakah Epilepsi Mampu Ditangani? Perhatikan Tips Mengatasi Epilepsi di Bawah ini

by jane pratiwi

Tips mengatasi epilepsi mampu disembuhkan sejak dini, asalkan sudah mengerti dampak awal gejala tersebut terjadi. Ketika seseorang tiba-tiba merasa dirinya hilang kesadaran atau pernah mengalami kejang seketika besar kemungkinan jika orang tersebut mengalami gejala epilepsi. Epilepsi adalah sebuah penyakit yang menyerang sistem sarat manusia sehingga membuat seseorang mengalami gangguan pada sel sarafnya, dampaknya bisa membuat orang tersebut mengalami kejang atau hilang kesadaran.

Cara Mengatasi Epilepsi Sejak Dini

Pertanyaan yang sering muncul adalah apakah mampu jika seseorang pernah mengidap epilepsi bisa untuk disembuhkan? Tidak bisa, namun epilepsi mampu di hindari jika Anda sudah mengerti gejala awal yang akan terjadi. Oleh karena itu simak tips mengatasi epilepsi dibawah ini:

1.  Pahamai Gejala Awal

Epilepsi hanya berlangsung sekian saat, ada beberapa tanda yang bisa Anda kenali ketika terjangkit penyakit epilepsi. Diantaranya:

  • Sering melamun
  • Menyerang seketika, dimanapun dan kapanpun
  • Beberapa organ tubuh mengalami keram / kaku
  • Mengalami kejang pada area tangan dan kaki
  • Pingsan

Gejala diatas adalah beberapa kemungkinan seseorang yang mengidap penyakit epilepsi. Anda perlu membawanya ke dokter jika mengetahui gejala awal yang terjadi pada diri Anda atau keluarga. Dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui bagian sistem saraf yang diserang.

2. Minum obat secara teratur

Di awal penjelasan sudah dikatakan bahwa epilepsi tidak bisa disembuhkan, melainkan bisa untuk dihindari atas munculnya gejala tersebut. Cara menghindari yang efektif adalah dengan mengontrol diri sendiri dan meminum obat secara teratur dan konsisten. Ketika pertama kali Anda pergi ke dokter, pasti akan dijelaskan bahwa epilepsi mempunyai satu macam obat dengan dosis yang rendah. Dosis ini akan terus meningkat jika dampak kejang sudah muncul hingga pemberian dosis yang optimal. Lantas bagaimana jika dosis optimal belum bisa merubah keadaan? Segera konsultasikan lagi ke dokter. Dokter akan mempertimbangkan lagi untuk pemberian obat yang berbeda.

3. Alternatif lain selain obat

Ada beberapa tips mengatasi epilepsi menggunakan alternatif lain selain meminum obat dari dokter. Namun, hal  ini lebih baik di praktekan jika meminum obat sudah tidak berjalan baik. Misalnya:

  • Melakukan terapi makanan (diet). Diet bisa mengatasi epilepsi agar tidak semakin buruk, semacam diet ketegonik dan diet atkins.
  • Menggunakan alat medis untuk menghadapi kejang 

4. Kontrol orang tua

Epilepsi bisa menyerang siapa saja termasuk anak-anak. Jadi peranan orang tua sangat berarti jika melihat anaknya mulai terjangkit penyakit epilepsi. Orang tua harus mengerti jenis obat dan kapan waktu untuk meminum obat tersebut.

Dari penjelasan diatas diharapkan Anda lebih mengenal penyakit epilepsi, dan mengerti bagaimana penanganan awal ketika epilepsi mulai menyerang. Sekali lagi, epilepsi tidak bisa disembuhkan, namun bisa dihindari setelah membaca tips mengatasi epilepsi sejak dini di atas.

Related Posts

Leave a Comment