Bantu Jaga Bumi Yuk! Ini 4 Konsep Rumah Ramah Lingkungan yang Bisa Anda Terapkan

  • Whatsapp
Bantu-Jaga-Bumi-Yuk-Ini-4-Konsep-Rumah-Ramah-Lingkungan-yang-Bisa-Anda-Terapkan
Foto dari Canva Pro

Belakangan ini. Konsep rumah ramah lingkungan atau yang lebih dikenal dengan istilah go green mulai digalakkan oleh berbagai kalangan. Konsep ini juga mulai diterapkan pada hunian tempat tinggal seperti rumah. Konsep rumah ramah lingkungan dianggap lebih hemat dan lebih sehat bagi para penghuninya.

Rumah yang Ramah Lingkungan

Lalu hal apa saja yang bisa diterapkan untuk bisa menerapkan konsep rumah yang ramah lingkungan? Berikut ulasannya.

1. Menggunakan atap panel surya

Saat ini mulai banyak orang-orang yang mengaplikasikan teknologi atap panel surya atau solar-paneled roofs untuk rumah mereka. Atap panel surya ini berfungsi untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari.

Dengan cara ini, Anda bisa menghemat pemakaian listrik sehingga bisa lebih menjaga lingkungan. Meskipun harga panel surya saat ini masih mahal, namun jika dikalkulasikan dalam beberapa tahun, Anda bisa lebih menghemat biaya pemakaian listrik.

2. Tanaman di sekitar rumah

Konsep rumah ramah lingkungan bisa Anda terapkan dengan menanam beberapa jenis tanaman di sekitar rumah Anda. Selain bisa menghasilkan udara yang lebih bersih, tanaman juga bisa memperindah rumah Anda. Anda bisa menanam bunga-bunga yang Anda sukai atau bahkan sayur-sayuran yang nantinya bisa Anda petik sendiri. Selain itu, bercocok tanam juga bisa menjadi salah satu sarana untuk menghilangkan stress.

3. Jendela yang besar

Untuk interior rumah, Anda bisa mendesainnya dengan memasang jendela-jendela dengan ukuran yang besar. Jendela yang besar bisa membuat sirkulasi udara dari dan keluar rumah mengalir lebih lancar. Dengan cara ini Anda juga bisa menghemat pemakaian pendingin ruangan sehingga lebih hemat listrik dan ramah lingkungan.

4. Tidak boros

Sebenarnya menciptakan konsep rumah ramah lingkungan bisa dimulai dari hal yang sederhana. Anda tidak perlu memulainya dengan biaya besar dan rumit. Cukup lakukan hal-hal kecil di rumah Anda. Seperti mematikan lampu yang tidak dibutuhkan, mematikan keran air jika sudah tidak diperlukan, dan meminimalisir penggunaan alat-alat elektronik. Hal-hal tersebut sering dianggap sepele namun bisa berdampak besar pada lingkungan apabila dilakukan secara rutin.

Dengan menerapkan konsep rumah yang ramah lingkungan, setidaknya Anda telah berkontribusi untuk menyelamatkan bumi. Karena keberlangsungan bumi yang kita tinggali ini adalah tanggung jawab bersama dan langkah kecil yang dilakukan oleh setiap individu merupakan salah satu cara untuk ikut bertanggung jawab terhadap alam.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *