Deteksi Dini Kanker Rahim Sebelum Terlambat

by soffi sukma
Deteksi-Dini-Kanker-Rahim-Sebelum-Terlambat

Kanker rahim penyakit yang paling ditakuti wanita, karena menyangkut tentang kesuburan dan nyawa. Rahim adalah bagian penting pada organ reproduksi wanita yang berfungsi sebagai tempat tumbuh dan berkembangnya janin saat hamil. Faktor yang memicu peningkatan risiko kanker yaitu obesitas, mendapatkan menstruasi pertama sebelum berumur 12 tahun, penderita diabetes, faktor keturunan, penderita tumor ovarium, dan mengonsumsi hormon estrogen tanpa hormon progesteron.

Gejala Atau Tanda Awal Penderita Kanker Rahim

1. Keputihan yang berbau

Keputihan normal terjadi pada wanita, namun saat seseorang terindikasi akan mengalami keputihan yang berbau, berwarna merah atau kecokelatan tercampur dengan dan jumlahnya berlebih. Gejala keputihan yang berbau ini menjadi pertanda adanya gangguan sistem reproduksi.

2. Nyeri Panggul

Pernah mengalami nyeri pada area panggul diikuti dengan rasa sakit yang muncul pada area bawah perut yang terjadi terus menerus sebaiknya segera periksa ke dokter. Nyeri panggul menjadi tenda awal ada yang tidak beres pada organ dalam tubuh.

3. Pendarahan yang tidak normal

Gejala atau tanda awal penyakit kanker rahim yang paling sering dirasakan wanita adalah pada saat adanya pendarahan vagina yang tidak normal atau berkepanjangan. Misalnya pendarahan karena menopause, pendarahan yang tidak berhenti pada siklus menstruasi dan adanya pendarahan setelah melakukan hubungan seks.

4. Rasa nyeri ketika buang air kecil

Gejala atau pertanda munculnya rasa nyeri ketika buang air kecil ini jarang terjadi. Jika sudah mengalami gejala ini adalah pertanda bahwa adanya pertumbuhan sel kanker dalam rahim sehingga menekan kandung kemih pada saluran kandung kemih.

Bila mengalami berbagai gejala seperti yang sudah disebutkan, sebaiknya segera cek ke dokter untuk memastikan. Banyak orang yang mengabaikan gejala awal yang mereka rasakan dan berakibat pada pertumbuhan sel kanker yang begitu cepat. Pengobatan kanker rahim bisa dilakukan dengan pengangkatan rahim bila baru memasuki stadium awal namun dengan pengangkatan sel rahim ini akan membuat wanita tidak bisa hamil. Deteksi dini dan segera dapatkan penanganan yang tepat sebelum terlambat.

Related Posts

Leave a Comment