Jangan Hanya Menulis Anda Juga Harus Mempunyai Strategi Blogging Sendiri

by soffi sukma
Jangan-Hanya-Menulis-Anda-Juga-Harus-Mempunyai-Strategi-Blogging-Sendiri

Blog / website adalah media yang menyajikan banyak konten misalnya seperti konten tulisan, itu sebabnya Anda harus mempunyai strategi blogging demi kelancaran blog tersebut. Setiap orang tidak mempunyai hobi yang sama, apalagi jika menulis belum tentu setiap orang senang dengan menulis. Hobi menulis juga tidak cukup di landasi dengan perasaan senang, misalnya Anda mempunyai suatu Blog tentu harus ada tulisan di dalamnya. Hindari untuk menulis ketika Anda ingin menulis saja, melainkan Anda harus mempunyai strategi dan menulislah sesuai strategi tersebut.

 Strategi Blogging untuk Meningkatkan Traffic Pengunjung

Pengunjung adalah salah satu poin penting untuk menentukan baik tidaknya blog yang sedang di kelola. Percuma saja, ketika sudah selesai menulis namun tidak ada yang mengunjungi blog Anda. Padahal tujuannya adalah untuk memberikan informasi kepada orang lain. Itu sebabnya Anda harus menetapkan strategi seperti berikut ini:

1. Mempunyai Topik

Senang menulis namun yang ditulis tidak mempunyai runtutan topik yang sama. Hal itu dibenarkan jika menulis diary harian, akan tetapi berbeda jika menulis di blog. Anda harus mempunyai satu topik yang sama. Karena jika terlalu banyak topik pengunjung akan merasa kebingungan melihat konten yang disajikan. Selain itu mempunyai satu topik akan membuat blog Anda lebih rapi dan enak dipandang.

2. Research

Ini adalah untuk melihat apa saja yang sedang trending seputar topik yang Anda minati. Perlu di ingat, bahwa Anda juga mempunyai banyak pesaing yang senang dengan topik yang sama. Melalui google trend Anda akan menemukan topik yang sedang trending untuk saat ini. strategi blogging semacam ini sering dilakukan oleh banyak blogger dalam meningkatkan kualitas blognya.

3. Hindari Plagiasi

Lebih baik untuk menulis dari tulisan sendiri meskipun belum cukup baik daripada harus mengambil tulisan orang lain. Seseorang menulis tentu membutuhkan waktu untuk berpikir dan Anda mengambilnya tanpa permisi. Hindari untuk melakukan hal semacam itu, menulis memang sulit akan tetapi akan mudah jika sudah terbiasa melakukannya. Sering-sering membaca sudah cukup untuk menambah referensi tulisan Anda.

4. Promosi

Terakhir adalah melakukan promosi. Salah satu cara untuk menarik pengunjung adalah memberikan umpan kepada mereka, contohnya adalah promosi. Setelah selesai menulis, bisa untuk share tulisan tersebut di media sosial semacam Facebook atau WhatsApp. Cukup melakukan share hanya beberapa kali saja, ini untuk mencegah tindakan spam yang Anda lakukan.

Cukup empat poin diatas saja asalkan dilakukan secara konsisten akan berbuah hasil yang maksimal. Kendala yang seringkali dimiliki pemilik blog adalah konsisten, oleh karena itu jika sudah memutuskan untuk membangun suatu blog rawatlah blog tersebut dengan serius. Terapkan strategi blogging diatas dan laksanakan dengan senang hati, beberapa pekan kedepan akan terlihat hasilnya.

Related Posts

Leave a Comment