Menstruasiku Normal atau Tidak ya?

Menstruasiku-Normal-atau-Tidak-ya
Foto dari Canva

Menstruasi merupakan kondisi luruhnya dinding rahim. Kondisi ini rutin dialami oleh wanita yang sudah pubertas. Meskipun menstruasi ini rutin terjadi, namun ternyata tidak semua wanita mengetahui apakah menstruasinya normal atau tidak. Berikut ciri-ciri menstruasi normal dan tidak normal.

Siklus Menstruasi

Hari pertama siklus menstruasi dimulai dari hari terkahir menstruasi terakhir dan berakhir pada hari pertama menstruasi berikutnya. Walaupun setiap wanita berbeda-beda, rata-rata menstruasi terjadi setiap 28 hari. Namun, siklus pada rentang 21-45 hari juga masih dianggap normal. Hal tersebut karena siklus menstruasi yang normal berbeda-beda untuk setiap wanita.

Siklus menstruasi terbagi menjadi beberapa fase, yaitu:

  • Fase menstruasi

Fase ini biasanya berlangsung dari hari pertama hingga hari ke lima, ketika darah keluar melalui vagina.

  • Fase folikuler

Fase ini biasanya berlangsung dari hari ke-6 hingga 14, hormon estrogen meningkat sehingga dinding rahim menebal serta folikel mulai tumbuh dan berkembang.

  • Ovulasi

Fase ini biasanya berlangsung pada hari ke-14 hingga 28, peristiwa ovarium melepaskan sel telurnya atau disebut juga dengan ovulasi.

  • Fase luteal

Fase ini berlangsung sekitar hari ke-15 hingga 28, sel telur mulai berjalan menuju rahim, jika terjadi pembuahan oleh sel sperma maka akan terjadi kehamilan. Namun,  jika tidak terjadi pembuahan maka dinding rahim akan luruh, lalu kembali lagi ke fase menstruasi.

Siklus menstruasi bisa berbeda-beda pula pada setiap wanita, tergantung dengan kondisinya. Selama satu atau dua tahun sejak menstruasi pertama, siklus cenderung lebih panjang yang tidak dimulai pada waktu yang sama setiap bulannya. Selain itu, menuju menopause biasanya siklus menstruasi lebih jarang dan tidak konsisten. Penggunaan alat kontrasepsi juga dapat mengubah waktu menstruasi.

Aliran Menstruasi

Jumlah darah menstruasi yang keluar dari rahim melalui vagina disebut flow atau aliran menstruasi. Seluruh aliran, baik itu sedikit, sedang, ataupun banyak, semuanya dianggap normal. Waktu dari tanda darah pertama hingga yang terakhir biasanya berkisar 3-5 hari. Durasi untuk aliran menstruasi tidak terpatok hanya dari tolok ukur tersebut, durasi berapa pun baik dari 2 hari hingga 1 minggu adalah normal untuk suatu periode.

Gejala Menstruasi

Payudara terasa lembut ketika menstruasi, perut terasa kembung, atau perubahan suasana hati adalah gejala normal yang umum terjadi ketika menstruasi. Gejala normal lainnya dapat berupa timbulnya jerawat, kram di perut bawah dan punggung, sering lapar, hingga gangguan tidur. Jadi, kamu tidak perlu khawatir ya!

Gambaran Menstruasi

Gambaran menstruasi sudah bisa terlihat hanya dalam waktu 3 bulan. Selama 3 bulan kamu harus mencatat untuk bisa mendapatkan gambaran bagaimana menstruasi normalmu. Hal-hal yang perlu dicatat adalah tanggal menstruasi dimulai dan berhenti, jenis aliran menstruasi banyak atau sedikit, apakah ada gumpalan darah, dan seberapa sering mengganti pembalut. Selain itu, hal lain yang perlu dicatat adalah apa saja gejala yang dirasakan, seberapa parah kram yang dirasakan, bagaimana perubahan suasana hati, dan apakah ada bercak di antara periode.

Pencatatan ini berfungsi untuk mengetahui bagaimana siklus menstruasi normal yang rutin terjadi. Pencatatan juga berfungsi untuk melihat jika ada perbedaan siklus, aliran, dan gejala menstruasi sehingga lebih cepat ketidaknormalan dapat terdeteksi. Ketidakteraturan menstruasi dapat disebabkan oleh banyak penyebab, di antaranya hamil dan menyusui, penurunan berat badan yang ekstrem, dan olahraga yang berlebihan. Selain itu, ketidaknormalan siklus menstruasi juga dapat disebabkan oleh sindrom ovarium polikistik (PCOS), premature ovarian failure, penyakit radang panggul (PID), ataupun fibroid rahim.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.