Pulau Maluku dan Sejuta Keindahannya

  • Whatsapp
Pulau-Maluku-dan-Sejuta-Keindahannya
Foto dari Canva Pro

Indonesia menyimpan begitu banyak keindahan alam yang memukau. Jika sudah bosan dengan iklan-iklan yang menawarkan wisata ke Bali, maka berlibur ke Maluku dapat menjadi pilihan yang tepat. Keindahan alam yang tidak kalah indahnya dengan wilayah lain menjadi salah satu keunggulan pulau Maluku. Jangan lupa, saat berlibur Anda perlu mempersiapkan Asuransi perjalanan wisata supaya liburan Anda menjadi lebih aman dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Beragam Flora dan Fauna

Berbicara tentang Pulau Maluku, tidak lepas dengan flora yang beragam. Anggrek merupakan flora khas Maluku dan dijadikan sebagai identitas Provinsi Maluku. Salah satu jenis anggrek langka dari Maluku yaitu Anggrek Larat yang masuk dalam 12 spesies anggrek langka di Indonesia. Anggrek Larat pertama kali ditemukan di pulau Larat, Tanimbar, Maluku. Oleh sebab itu, anggrek langka tersebut dinamakan Anggrek Larat. Habitat anggrek ini, tumbuh pada pohon-pohonan dan karang-karangan kapur dengan matahari yang cukup.

Di Maluku juga terdapat fauna yang beraneka macam. Salah satunya yaitu Burung Nuri Raja Ambon. Jika Anggrek Larat merupakan flora identitas Maluku, maka Burung Nuri Raja Ambon dijadikan sebagai fauna identitas Maluku. Panggilan umum burung nuri ini yaitu Nuri Raja. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Ambon King Parrot, Moluccan King-parrot, atau Amboina King Parrot. Keindahan bulunya yang mencolok dengan kombinasi warna merah, hijau, dan biru, Nuri Raja layak disebut sebagai burung khas Maluku. Burung ini dapat ditemukan di pulau Ambon, Seram, Halmahera, dan wilayah utara serta wilayah tengah lainnya.

Surganya Pecinta Pantai

Keindahan pantai di Maluku tidak perlu diragukan lagi. Di Maluku terdapat banyak sekali pantai-pantai yang dapat memanjakan mata Anda. Sebut saja Pantai Ora yang dijuluki sebagai Maldive-nya Indonesia. Keunggulan Pantai Ora adalah taman bawah laut yang sangat indah, juga air laut yang masih jernih dengan warna biru kehijauan. Selain itu, terumbu karang dan biota lautnya pun masih terjaga. Pantai ini terletak di pulau Seram, Maluku Tengah. Untuk mencapai Pantai Ora, dari kota Ambon Anda dapat menuju Pelabuhan Hulnara, Tuhelu. Kemudian, naik ferry menuju Amahai. Selanjutnya, Anda dapat menyewa kendaraan dari Amahai ke Desa Saleman. Terakhir, dari Desa Saleman naik perahu menuju Pantai Ora sekitar 15 menit.

Selain Pantai Ora, terdapat juga Pantai Pasir Panjang dengan pasirnya yang putih dan halus. Ada pula Pantai Natsepa. Jika cuaca sedang cerah, di sana Anda dapat membeli ikan dengan harga yang murah karena harga ikan tergantung dengan cuaca. Di Pantai Natsepa, Anda dapat mencicipi salah satu kuliner khas Ambon yang lezat yaitu rujak natsepa.

Maluku dengan sejuta keindahannya memang sangat menggoda. Jika Anda memutuskan untuk berlibur ke sana, siapkan keperluan dengan matang termasuk asuransi perjalanan yang tidak boleh terlewatkan. Semoga liburan Anda menyenangkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *